Tanda Seseorang Mengalami Dislokasi Bahu yang Wajib Diketahui

Gunawan

Dislokasi bahu adalah kondisi yang sangat serius. Pasalnya, bahu adalah bagian tubuh yang vital serta memungkinkan untuk menggerakkan tangan dengan bebas. Terkadang, gerakan yang salah atau trauma akibat cedera juga bisa meningkatkan risiko terkilirnya bahu.

Siapa saja dapat mengalami hal ini. Dislokasi bahu paling sering terjadi pada orang yang aktif bergerak. Dilansir dari honestdocs.id, inilah tanda-tanda seseorang mengalami dislokasi.

  1. Nyeri

Gejala paling umum dari bahu yang terkilir adalah rasa sakit yang menjadi cara alami tubuh untuk memberi tahu jika ada sesuatu terjadi pada tubuh. Jika terjadi cedera pada bahu, rasa nyeri ini sering datang secara tiba-tiba, terutama sesaat setelah cedera. Tingkat keparahannya memang berbeda berdasarkan seberapa parah cedera yang dialami.

  1. Memar

Dislokasi bahu adalah kondisi yang memprihatinkan karena bisa menyebabkan perubahan fungsi sendi, saraf, ligamen, bahkan pembuluh darah. Salah satu gejalanya yang terjadi adalah timbulnya memar.

  1. Kram Otot
READ  Dislokasi adalah Masalah Serius? Inilah Info Lengkapnya

Setelah terjadi dislokasi pada bahu, otot-otot yang mengelilingi bagian bahu ini akan mengalami spasme atau yang disebut dengan kram otot. Anda memang akan merasa sulit dalam menggerakkan bahu, untuk itu jangan mencoba menggerakkan bahu dengan paksa karena bisa memperburuk kondisinya. Tak hanya itu, gerakan apapun juga akan terasa menyakitkan karena otot berada pada kondisi tegang.

  1. Pergeseran Tulang

Gejala dialaminya dislokasi bahu adalah adanya pergeseran tulang yang terlihat berupa tonjolan yang bisa dilihat pada sendi bahu atau di depannya. Tidak semua kasus dislokasi bahu berupa tonjolan. Untuk memeriksa lebih pasti, rabalah bagian yang tampak seperti bola pada bagian bahu. Kelainan bentuk tersebut disebabkan kepala humerus yang bergerak keluar dari fossa glenoid.

  1. Muncul Sensasi Seperti Tertusuk Jarum
READ  Apakah Kamu Merasakan Gangguan Kecemasan Berlebih?

Dislokasi pada bahu juga menyebabkan timbulnya sensasi rasa seperti tertusuk jarum. Hal ini disebabkan terhambatnya aliran darah yang menuju ke lengan karena terdapat dislokasi tersebut. Oleh karena itu, saraf-saraf di area yang mengalami cedera tidak menerima aliran darah yang cukup. Pada akhirnya, timbullah gejala ini.

  1. Mati Rasa

Gejala dislokasi bahu berikutnya adalah tangan yang terasa mati rasa. Gejala ini akan dialami di bagian sekitar bahu, seperti leher, dada, dan lengan. Gejala ini akan tetap dirasakan sampai adanya perbaikan pada penyumbatan aliran darah yang disebabkan oleh dislokasi bahu.

  1. Muncul Suara “Krek” pada Persendian Saat Digerakkan

Jika mengalami bahu terkilir, maka dimungkinkan timbullah suara seperti “krek” saat menggerakkan bagian bahu yang mengalami dislokasi. Hal ini merupakan indikasi kuat atas terjadinya pergeseran bahu. Bahu yang mengalami dislokasi ini mungkin akan tampak lebih rendah dibandingkan letak bahu yang normal. Untuk mengonfirmasi bahu yang terkilir, pemeriksaan medis secara menyeluruh harus dilakukan, termasuk x-ray dan MRI.

  1. Perubahan Posisi Bahu
READ  Cara Mengatasi Dislokasi Bahu agar Segera Sembuh dan Berfungsi Normal

Bahu yang mengalami dislokasi atau pergeseran tentu akan mengubah posisinya. Bahu akan menggantung lebih rendah dibandingkan dengan posisi bahu yang normal. Selain itu, Anda akan melihat adanya cekungan atau galur pada otot lateral (deltoid) bahu.

Semua gejala yang dialami oleh penderita dislokasi bahu tentu sangat pentinng untuk dipahami. Apabila mengalami cedera di bagian bahu dan timbul rasa sakit luar biasa disertai kesulitan bergerak, segeralah periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi pastinya. Jangan biarkan kondisinya sampai terlalu parah atau bahkan sampai komplikasi.

 

Sumber Artikel:

www.honestdocs.id

www.alodokter.com

 

Sumber Gambar:

www.halodoc.com

www.tribunnews.com